6 Cara Agar Mobil Bekas Supaya Cepat Laku Dijual

Saat mulai terjerat utang, biasanya segala cara akan dihalalkan, termasuk di antaranya dengan memanfaatkan aset. Salah satunya bisa dengan memanfaatkan mobil untuk membebaskan diri dari utang. Beberapa langkah yang pernah dibahas oleh amalan beberapa saat lalu misalnya dengan menjadi mobil antar jemput, disewakan secara harian, atau bahkan dijadikan sebagai media iklan berjalan.

Tentu saja cara-cara tersebut baru bisa dilakukan jika memang mobil Anda masih berada di rumah dan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Namun, jika Anda dan keluarga memutuskan untuk menjual mobil, agar mendapatkan uang tunai yang mencukupi untuk membayar sisa utang kartu kredit / KTA ke pihak bank, maka cara yang bisa diambil adalah dengan menjual mobil tersebut.

Menjual mobil juga tidak semudah menjual barang biasa, mengingat harganya yang seringkali mencapai nominal cukup tinggi. Namun begitu jangan khawatir, ada berbagai cara agar mobil bekas supaya cepat laku. Anda dapat mencoba cara-cara berikut ini:

Service Mobil Secara Menyeluruh Agar dalam Kondisi Prima

Tips jual mobil bekas cepat laku yang pertama adalah dengan menyiapkan mobil agar tersedia dalam kondisi prima. Lakukan pengecekkan ulang kondisi mobil secara menyeluruh, lalu lakukan perbaikan di bagian-bagian yang perlu. Anda dapat mengecek terlebih dahulu dari hal yang paling terasa, seperti angin yang diproduksi oleh AC mobil, lalu lanjutkan ke bagian stir mobil, cobalah untuk menyetir dan rasakan apakah stir mobil masih cukup ringan untuk dikendarai. Jika stir sudah terlalu berat, berarti memang itulah waktunya untuk dibawa ke bengkel. Tidak lupa, cek juga pedal rem dan pedal kopling. Kedua hal ini merupakan bagian yang juga cukup krusial saat akan dikendarai. Service ringan lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti oli mesin dan oli perseneling agar bisa lebih mulus saat dikendarai.

Setelah melakukan pengecekan internal, Anda bisa mulai melakukan pengecekan secara eksternal. Lihatlah apakah jendela yang otomatis masih dapat berfungsi secara lancar, lalu cek juga lampu depan, lampu rem, lampu dimmer. Setelah itu, cek juga kondisi body mobil apakah guratan-guratan yang membuat tampilan mobil menjadi kurang menarik.

Siapkan dana yang cukup untuk melakukan perbaikan di bengkel, mintalah bantuan montir setempat untuk memperbaiki mesin, dan petugas lainnya untuk membuat tampilan mobil lebih prima. Jika ingin lebih murah, cobalah cari voucher atau cari referensi dari teman agar memungkinkan Anda untuk mendapatkan potongan harga.

Namun, jika pada akhirnya masih ada beberapa bagian mobil yang tidak bisa Anda tanggung, biarkan hal tersebut menjadi poin yang wajib diinformasikan kepada calon pembeli. Ini berarti Anda juga harus menyesuaikan harga mobil dengan kondisi tersebut.

Bersihkan Mobil dan Foto yang Bagus

Foto mobil yang bagus juga berpengaruh besar, ini tentunya menjadi salah satu cara agar mobil bekas supaya cepat laku. Sebelum memfoto mobil, ada baiknya jika Anda memperhatikan kebersihan mobil itu sendiri. Bersihkan baik bagian luar dan dalam, agar citra Anda sebagai pemilik mobil bisa dianggap cukup baik, dan menyayangi mobil. Jadi, calon pemilik mobil selanjutnya merasa bahwa mobil memang benar-benar telah dirawat dengan cukup baik.

Selanjutnya jika sudah sipa mengambil foto, cobalah lakukan pada saat cuaca cerah. Anda bisa mulai mengambil foto mobil di sekitar pukul 09.30 maupun 16.00, biasanya pada saat itu sinar matahari dapat menjadi cahaya alami yang membuat produksi fotomu menjadi lebih bagus. Ambil foto eksterior dan interior mobil, agar orang-orang dapat melihat detil mobil yang akan Anda jual.

Periksa Kelengkapan Surat

Tips jual mobil bekas cepat laku selanjutnya adalah dengan memeriksa lagi kelengkapan surat-surat mobil sebelum menjualnya ke orang lain. Beberapa surat yang harus diperhatikan misalnya STNK dan BPKB. Pada STNK khususnya, periksa lagi apakah pajak sudah dibayar, sehingga STNK bisa diperpanjang. Jika belum dibayar, tentunya hal tersebut dapat memberatkan calon pembeli dan menyulitkan mobil untuk dijual.

Cek Harga Pasar

Sebelum menjual mobil ke pasaran dan memasang harga, tentu saja Anda harus tahu terlebih dulu berapa harga yang umum dijual di pasaran saat ini. Hal ini bermanfaat agar Anda tidak mematok harga terlalu tinggi, dan menyebabkan menurunnya minat pasar secara umum terhadap mobil yang Anda jual. Cara terbaik adalah dengan melihat harganya di online marketplace. Lalu dari sini, Anda bisa mulai melihat apa saja perbaikan / kelebihan mobil Anda dibandingkan mobil lain, atau apa saja yang belum tersedia di mobil Anda, yang membuatnya wajar dijual dengan harga lebih rendah.

Lakukan Promosi Gratis di Group Chat

Anda juga dapat melakukan promosi secara gratis dengan menyebarkan informasi mobil yang Anda jual ke group chat yang Anda miliki di aplikasi social messenger yang Anda gunakan. Berikan informasi bahwa menjual mobil tersebut. Jika memang Anda juga memasang penjualan mobil di online marketplace, jangan lupa sertakan link-nya agar orang-orang lebih mudah mengakses detil mobil dan foto-foto mobil yang akan dijual. Tidak lupa, sisipkan pesan agar anggota grup bisa membagikan informasi ini ke grup lainnya, agar dapat membantu Anda dalam menjual mobil tersebut.

Manfaatkan Situs BeliMobilGue.co.id

Saat ingin melunasi utang dengan lebih cepat, tentunya Anda harus menjual mobil dengan lebih cepat juga. Mengingat probabilitas terjualnya mobil dengan cepat di online marketplace sangat kecil, maka Anda bisa memanfaatkan situs yang memang memfasilitasi penjualan mobil dengan cepat. amalan bekerja sama dengan BeliMobilGue.co.id untuk membantuk klien kami dalam menjual mobilnya. Hasil penjualan ini tentunya bisa langsung dialokasikan untuk membayar sisa tunggakan utang yang masih berjalan di bank.

Mengapa menjual mobil di BeliMobilGue.co.id? Tentu saja karena prosesnya mudah, aman, dan cepat. Hanya dalam tiga langkah, mobil Anda akan cepat terjual karena dibeli langsung oleh pihak Beli Mobil Gue.

1. Dapatkan Estimasi secara Gratis
Tim BeliMobilGue.co.id akan menghubungi Anda untuk melakukan valuasi mobil

2. Inspeksi Mobil Gratis
Atur jadwal inspeksi gratis di salah satu lokasi BeliMobilGue.co.id. Petugas akan melakukan 300 titik inspeksi dalam waktu 30 menit saja.

3. Mobil Laku dan Terima Pembayaran
Setelah inspeksi, Anda akan mendapatkan penawaran untuk mobil yang dijual. Lalu pembayaran akan langsung ditransfer sesuai dengan kesepakatan.

Seluruh proses penjualan mobil dapat diselesaikan dalam 1 jam saja!

Jadi bagaimana? Sudah tahu jelas apa saja tips jual mobil bekas cepat laku, bukan? Praktikkan sekarang dan alokasikan untuk pelunasan utang yang masih berjalan saat ini.

Sumber: Amalan.com