5 Tips Beli Mobil Bekas Rental Yang Sangat Menguntungkan

Menggunakan mobil, saat ini sudah menjadi kebutuhan mobilitas seseorang. Demi alasan kenyamanan dan keamanan, seseorang ingin membeli mobil, baik akan digunakan untuk kepentingan pribadi maupun untuk keperluan seluruh anggota keluarga.

Dibandingkan dengan sepeda motor, mobil bisa menampung lebih banyak penumpang, dan pastinya lebih nyaman ketika digunakan. Orang tidak perlu berpanas-panasan, terkena debu dan polusi ketika berada di dalam mobil.

Membeli mobil memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Ini bisa disiasati dengan membeli mobil bekas. Meski bekas, namun bila seseorang pintar memilihnya, maka bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas dan performa mesin prima yang tidak kalah dengan mobil baru.

Selain melalui dealer atau langsung ke penjualnya, seseorang bisa menjatuhkan pilihan untuk membeli mobil bekas rental. Sebelum menentukan pilihan, seseorang harus mempertimbangkan jenis mobil apa yang akan dibelinya.

Seseorang hendaknya harus memiliki cukup banyak informasi tentang rencana mobil yang akan dibelinya, misalnya merk, bahan bakar mobil, spesifikasi mobil, kenyamanan mobil, permasalahan dan kerusakan mobil yang sering terjadi, serta hal-hal lainnya.

Salah satu keuntungan yang bisa dipertimbangkan untuk membeli mobil bekas rental ini adalah sejarah perawatannya yang terjamin. Mengingat, pemilik rental tentunya tidak akan menyewakan kendaraan dalam kondisi yang tidak bagus.

Berikut ini acuan yang bisa dilakukan sebagai tips dalam membeli mobil bekas rental seperti dikutip dari www.cermati.com, Selasa (14/6/2016):

Tips Beli Mobil Bekas Rental

1. Mencari Tahu Lebih Dalam Apa yang Didapatkan

Sebelum benar-benar menentukan kesepakatan membeli mobil bekas rental, sebaiknya seseorang bisa berkomunikasi dengan pemiliknya tentang apa saja kelebihan dan kelemahan mobil yang rencananya akan dibeli tersebut.

Mobil yang dijual rental biasanya mobil model keluaran terbaru, dengan umur yang relatif muda, memiliki kondisi yang terawat dengan harga yang bisa lebih murah dari harga yang ditawarkan oleh dealer. Namun, dari segi jarak tempuh, mobil bekas jenis ini memiliki jumlah kilometer lebih tinggi karena penggunaannya cukup sering.

2. Mencari Tahu yang Tidak Mampu Didapatkan

Harga mobil bekas rental memang cukup murah dibanding dengan mobil bekas yang masuk di diler, namun harganya tetap kompetitif mengingat performa mesin yang cukup bagus meskipun dengan angka jarak tempuh besar.

Pilihan mobil bekas rental ini biasanya terbatas pada model dan tahun terbaru. Ini karena kebanyakan pelanggan rental menginginkan mobil dalam keadaan yang prima. Jadi jika ingin mendapat variasi pilihan mobil, tentu saja pilihannya tidak pada mobil bekas rental.

3. Tidak Memaksakan atau Ngotot Tawar Menawar

Jika seseorang membeli mobil sebagai pengalaman pertamanya, alangkah baiknya jika tidak dilakukan dengan terburu-buru.

Seseorang bisa meminta bantuan kawan atau saudara untuk memberikan penilaian terhadap performa mobil secara keseluruhan sesuai dengan harga yang pantas dan ada di pasaran. Membeli mobil bekas pun juga harus menyesuaikan dengan kemampuan finansial, baik dibayar secara kredit maupun tunai.

Bila melakukan tawar-menawar, seseorang tidak perlu terlalu ngotot dan berharap menang dalam mendapatkan mobil yang diinginkannya. Terkadang sebenarnya pemilik rental tidak harus menjual mobilnya kepada perorangan.

4. Melakukan Test Drive

Untuk mengetahui performa mesin, seseorang yang ingin membeli mobil bekas rental bisa meminta untuk test drive terlebih dahulu. Calon pembeli bisa meminta test drive hingga beberapa hari, bahkan beberapa rental tidak membebankan biaya tambahan saat melakukan test drive.

5. Servis Tambahan Lain

Hampir mirip dengan membeli barang elektronik, penjual mobil bekas rental bisa dimintai garansi dengan meminta perbaikan kecil pada mobil yang dijualnya, jika ada beberapa bagian mobil ada yang kurang sempurna, atau memerlukan servis kecil.

Siap Membeli Mobil Idaman?

Mobil bekas rental yang bisa direncanakan dibeli tidak akan mengurangi fungsi dan tujuannya. Mobil bekas juga tetap memiliki kualitas yang pastinya sebanding dengan harganya.

Tidak perlu segan membeli bekas, dengan pengetahuan akan performa mesin, mengetahui detail spesifikasi mobil, test drive, dan bisa melakukan tawar menawar dengan baik, maka seseorang bisa mendapatkan mobil idamannya.

Memiliki mobil bekas bisa tetap berkualitas dengan memberikan perawatan yang baik, sehingga bisa digunakan untuk jangka yang cukup lama sesuai dengan tujuan penggunaannya. (Ahm/Ndw)